4. Empati

Empati merupakan kemampuan konselor untuk merasakan apa yang dirasakan oleh klien, merasa dan berpikir bersama klien dan bukan untuk atau tentang klien. Empati dilakukan bersamaan denganat ten d ing, karena tanpaat tend ing tidak akan ada empati. Empati ada dua macam,p e rtam a : empati primer
(primary empathy), yaitu apabila konselor hanya memahami perasaan, pikiran, keinginan dan pengalaman klien dengan tujuan agar klien terlibat pembicaraan dan terbuka.Ked ua, empati tingkat tinggi(a d v anced accurate empathy), yaitu apabila kepahaman konselor terhadap perasaan, pikiran, keinginan, dan pengalaman klien lebih mendalam dan menyentuh klien karena konselor ikut dengan perasaan tersebut. Melalui empati tingkat tinggi, akan inembuat klien tersentuh dan terbuka untuk mengemukakan isi hatinya berupa perasaan, pikiran, pengalaman bahkan penderitaannya.
Dalam melakukan empati, konselor harus mampu:pe r ta ma , mengosongkan perasaan dan pikiran egoistik.K e du a , Memasuki dunia dalam klien.K e ti ga , melakukan empati primer dengan mengatakan: “Sayada pa t merasakan bagaimana perasaan Anda”. Atau “Saya dapat memahami pikiran Anda.” Atau “Sayame n ge r ti keinginan Anda.” Keempat, melakukan empati tingkat tinggi dengan mengatakan: “Saya merasakan apa yang Anda rasakan, dan saya ikut terluka dengan pengalaman Anda itu”.
Empati dibangun berdasarkan kesadaran diri. Semakin terbuka kita kepada emosi diri sendiri, semakin terampil kita membaca perasaan. Kemampuan berempati merupakan kemampuan untuk mengetahui bagaimana perasaan orang lain ikut berperan dalam pergulatan dalam arena kehidupan. Kunci untuk memahami perasaan orang lain adalah mampu membaca pesan nonverbal (nada bicara, gerak-gerik, ekspresi wajah, dan sebagainya).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s